2

Nasib Calon Gedung-Gedung Tertinggi Di Indonesia

Posted by Fachri Setia on 01.30
Indonesia sebagai negara berkembang, yang sekarang predikatnya berubah menjadi negara industri, tak ketinggalan dengan bangunannya yang megah dan tinggi. Kita tahu di Jakarta puluhan, bahkan ribuan gedung dibangun dan menjulang tinggi, sampai mengakibatkan efek rumah kaca yang berbahaya bagi lingkungan. Namun, gedung di suatu negara juga merupakan prestise bagi negara tersebut. Misalnya saja Malaysia yang bangga dengan petronasnya. Indonesia memang ada Monas, tapi Monas digolongkan sebagai destinasi wisata dibanding dipergunakan sebagai gedung perkantoran. Sejauh ini, predikat gedung tertinggi di Indonesia dipegang oleh gedung BNI 46. Gedung BNI 46 ini selesai dibangun pada tahun 1996. Gedung ini terdiri dari 51 lantai dan memiliki ketinggian 262 meter. Dengan ketinggian yang dimilikinya, gedung BNI 46 menjadi gedung tertinggi ke-147 di dunia. Tapi, ada beberapa wacana untuk membangun gedung tinggi lain yang bisa menandingi Gedung BNI 46. Namun, sampai sekarang, nasibnya terkatung-katung tak lagi heboh seperti peletakan batu pertamanya. Bagaimanakah nasib calon gedung-gedung tinggi di Indonesia tersebut? Cekibrot...

1. Signature Tower

Signature Tower adalah gedung tertinggi sepanjang sejarah yang pernah diwacanakan akan dibangun di Indonesia. Bahkan kalau selesai dibangun, Signature Tower akan menjadi gedung tertinggi ke-5 di dunia. Rencananya Signature Tower akan terdiri dari 111 lantai dan memiliki ketinggian 638 meter. Namun sayangnya makin ke sini nasibnya semakin tidak jelas. Sempat diwacanakan akan dimulai dibangun pada pertengahan 2014, akhirnya dimundurkan menjadi awal 2015. Setelah memasuki tahun 2015 dan terjadinya pergantian pemerintah, kabar pembangunan Signature Tower seakan hilang ditelan bumi.

2. Pertamina Energy Tower (PET)

Pertama Energy Tower (PET) merupakan calon megatall di Indonesia selain Signature Tower. Megatall merupakan istilah untuk gedung-gedung yang memiliki ketinggian 500 meter atau lebih. PET direncanakan memiliki ketinggian 530 meter dan terdiri dari 99 lantai. Sayangnya meski dulu peletakan batu pertama gedung ini sempat heboh di media, namun ternyata Pertamina menunda pembangunannya. Dana pembangunan PET dialihkan kesektor hulu, khususnya revitalisasi dan pembangunan kilang minyak guna memenuhi kebutuhan energi nasional.

3. Peruri Tower

Wacana pembangunan Peruri Tower ini sudah muncul dari dua tahun lalu. Namun belum ada pernyataan resmi kapan akan dimulai pembangunannya. Usut punya usut, ternyata pihak Peruri melakukan pengkajian ulang terhadap pembangunan gedung setinggi 400 meter tersebut. Pihak Peruri mengklaim, meski ditunda dan dilakukan pengkajian ulang, namun proyek ini masih tetap berjalan.

4. Thamrin Nine

Thamrin Nine memiliki nasib yang lebih baik dibandingkan tiga calon gedung tertinggi yang saya tulis sebelumnya. Sampai saat ini pembangunan gedung thamrin nine masih berlanjut. Prosesnya baru sebatas pembangunan pondasi. Namun setidaknya pembangunan gedung ini lebih jelas. Thamrin Nine terdiri dari 2 tower. Untuk tower utamanya memiliki ketinggian 330 meter yang terdiri dari 71 lantai. Gedung Thamrin Nine ini ditargetkan rampung pada tahun 2017.

5. Indonesia Satu


Indonesia Satu merupakan gedung kembar yang masing-masing memiliki ketinggian 303 meter. Tidak tanggung-tanggung, peresmian pembangunan gedung ini dilakukan langsung oleh presiden republik Indonesia. Selain itu juga dihadiri oleh sejumlah menteri dan gubernur DKI. Pemberitaannya juga heboh disalah satu media yang tidak lain milik pemrakarsa gedung Indonesia Satu ini. Semoga saja pembangunan gedung ini lancar jaya. Apalagi yang meresmikan adalah orang nomor satu di negeri ini dan diberitakan secara heboh. 

6. Cemindo Tower

Diantara semua calon gedung tertinggi di Indonesia, Cemindo Tower inilah yang akan terwujud dalam waktu dekat. Walaupun pembangunannya belum selesai 100%, namun secara struktur gedung ini sudah menjadi yang tertinggi di Indonesia dan mengalahkan gedung BNI 46. Pembangunan Cemindo Tower akan rampung tahun ini. Status gedung tertinggi di Indonesia memang telah disandang oleh Cemindo Tower. Namun yang masih menjadi pertanyaan adalah apakah Cemindo Tower ini tergolong supertall atau tidak? Supertall merupakan istilah untuk gedung-gedung yang memiliki ketinggian 300 meter keatas.

Nah... Itu tadi beberapa gedung-gedung tinggi di Indonesia yang keberadaannya masih dalam angan-angan. Semoga aja bisa cepet rampung, dan bisa menjadi kebanggaan Indonesia di mata dunia.

Segitu dulu ya informasi dari fachri setia. Kita akan kembalii lagi dengan info unik lainnya. Daaa

Sumber









2 Comments


keren threadnya.... infonya masih sangat fresh!!!! : )

btw, ada beberapa salah info, Setau saya sih, megatall itu gedung yang ketinggiannya 600m keatas, bukan 500 m keatas


oh siap mas... terima kasih atas koreksinya... :)

Posting Komentar

Copyright © 2009 Blog Fachri Setia All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.