33

Cara Mengurus Izin untuk Membawa Hewan di Bandar Udara

Posted by Fachri Setia on 22.43
Bagi kalian yang sering bepergian ke luar kota dengan menggunakan moda transportasi udara, yaitu pesawat terbang, mungkin sudah terbiasa dipusingkan dengan barang bawaan, entah barang bawaan yang terlalu banyak dan tidak muat di bagasi penumpang, sehingga harus over bagasi maupun barang titipan penumpang lain yang kelebihan muatan dan dititipkan, tentu dengan perhitungan ongkos "sahabat". Jika barang yang dibawa merupakan benda mati, seperti koper, tas, baju, maupun lainnya, tentu bukan sebuah masalah. Pertanyaannya, bagaimana jika barang yang akan kita bawa terbang adalah benda hidup, seperti hewan?

Membawa hewan terbang bersama penumpang memang susah-susah gampang, karena harus melalui proses birokrasi yang lumayan memakan waktu, tentu berbeda dengan benda mati. Ada beberapa izin yang harus dipenuhi oleh calon penumpang agar hewan peliharaannya bisa ikut terbang bersama.

Ada beberapa tahap yang harus dilalui, yaitu:
1. Periksa terlebih dahulu hewan anda
2. Surat Keterangan Kesehatan Hewan
3. Surat Keterangan Boleh Naik Pesawat
4. Proses Check in Bandara

1. Periksa terlebih dahulu hewan anda

a. Pastikan dahulu sebelumnya bahwa hewan anda dalam kondisi sehat.
b. Jika hewan yang akan dibawa untuk keperluan penelitian, bawalah hewan dalam jumlah yang lebih banyak dari yang diperlukan
c. Jika hewan yang akan dibawa untuk keperluan penelitian usahakan anda mendapatkan hewan dari sumber yang memiliki legalitas resmi/milik pemerintah, kalo ga juga tidak apa-apa sih
d. Masukkan hewan ke kandang hewan yang terbuat dari bahan yang kuat. Hal ini untuk mencegah kerusakan kandang saat hewan sedang berada di perjalanan. Karena jika kandang sampai rusak, kemungkinan hewan untuk kabur jadi semakin besar. Kabur di pesawat kan berabe bro..
e. Perhatikan karakter dan pola makan hewan bawaan anda. Jangan sampai karena stres lupa memberikan bekal yang cukup, hewan bawaan anda jadi stres dan mati saat sampai ke tempat tujuan.

2. Surat Keterangan Kesehatan Hewan

Surat Keterangan Kesehatan Hewan bisa diperoleh di Dinas Pertanian Kota/Kab setempat sesuai domisili KTP calon penumpang. Anda harus membawa semua hewan yang akan diterbangkan ke Dinas Pertanian untuk diperiksa kesehatannya oleh dokter hewan. Hal ini untuk mencegah penularan penyakit yang bersumber dari hewan kepada penumpang di pesawat. Kemudian, anda harus mengisi form biodata. Proses akan selesai dalam waktu 3 hari kerja. Surat Keterangan Kesehatan Hewan bisa diambil di Dinas Pertanian setempat.

3. Surat Keterangan Boleh Naik Pesawat

Surat Keterangan Boleh Naik Pesawat bisa didapatkan di Balai Besar Karantina Tumbuhan dan Hewan yang ada di setiap bandara, kalo ga salah, karena di bandara Soekarno-Hatta ada. Syaratnya untuk mendapatkan Surat Keterangan Boleh Naik Pesawat adalah dengan melampirkan Surat Keterangan Kesehatan Hewan tadi. Paling calon penumpang hanya membayar biaya administrasi dan surat sudah bisa diambil.

4.  Proses Check in Bandara

Ketika hari H keberangkatan, hewan yang akan berangkat dan surat-surat tadi dibawa ke bandara. Tunjukkan  Surat Keterangan Boleh Naik Pesawat ke petugas check in Bandara. Kemudian, calon penumpang diwajibkan membayarkan sejumlah uang, tiap maskapai berbeda, yang jelas di atas Rp. 100.000,- karena bagasi tempat hewan dibedakan dengan barang. Ketika sampai di tempat tujuan,
kandang hewan datang bersama barang di conveyor. Sudah deh.

Nah.. Itu tadi cara mengurus izin untuk membawa hewan di bandara udara. Memang agak rumit, tapi memang begitu lah yang seharusnya. Sebagai warga negara yang baik, sebaiknya kita mengikuti aturan yang sudah ada, agar tidak diklaim sebagai pemilik hewan ilegal. Tapi tetap harus waspada terhadap hewan yang dibawa ya..

Sumber
Thx untuk agan yang di kaskus juga

33 Comments


Mbak, untuk proses dapet surat dri dokter keterangan boleh naik pesawat kena biaya berapa ya ?


Mbak, untuk proses dapet surat dri dokter keterangan boleh naik pesawat kena biaya berapa ya ?


Ini prosedur negara mana bos? Kok beda banget ya?


Pernah bawa kemana mas?Klo keluar negri tau gak kaya gimana?Thanks


Ayam dari luar nggak bisa masuk indonesia,jgn mimpi


Ayam dari luar nggak bisa masuk indonesia,jgn mimpi


Saya baru saja punya pengalaman mengecewakan saat mengurus surat dr karantina bandara soeta, prosedur yg saya terima dr bagian informasi bandara hanya membawa surat keterangan sehat hewan dr klinik setempat dan karantina bs dilakukan 6 jam atau 4 jam sebelum jadwal keberangkatan. Dikarenakan pswar saya jam 5 pagi brrti saya baru bisa mengurus surat karantinanya jam 11 malam. Namun apa mau dikata stlh perjalanan jauh & Malam sesampai di karantina petugas karantina langsung menolak memberikan surat ijin terbang dengan alasan karena tdk ad buku vaksin. Mereka dengan mudahnya menyuruh saya plg lagi hanya untuk mengambil buku vaksin pdhl pada saat itu waktu sdh sangat malam sekali dan jadwal penerbangan saya sdh 3 jam lagi dgn kondisi tmpot tinggal sdra saya ad dbogor. Saya sangat kecewa sekali dengan petugas karantina bandara tersebut. Buat info temen2 agar tdk mengalami nasib seperti saya sebaiknya bawa saja buku vaksin meskipun pihak maskapai tdk meminta membawa buku tersebut. Terima kasih


Saya baru saja punya pengalaman mengecewakan saat mengurus surat dr karantina bandara soeta, prosedur yg saya terima dr bagian informasi bandara hanya membawa surat keterangan sehat hewan dr klinik setempat dan karantina bs dilakukan 6 jam atau 4 jam sebelum jadwal keberangkatan. Dikarenakan pswar saya jam 5 pagi brrti saya baru bisa mengurus surat karantinanya jam 11 malam. Namun apa mau dikata stlh perjalanan jauh & Malam sesampai di karantina petugas karantina langsung menolak memberikan surat ijin terbang dengan alasan karena tdk ad buku vaksin. Mereka dengan mudahnya menyuruh saya plg lagi hanya untuk mengambil buku vaksin pdhl pada saat itu waktu sdh sangat malam sekali dan jadwal penerbangan saya sdh 3 jam lagi dgn kondisi tmpot tinggal sdra saya ad dbogor. Saya sangat kecewa sekali dengan petugas karantina bandara tersebut. Buat info temen2 agar tdk mengalami nasib seperti saya sebaiknya bawa saja buku vaksin meskipun pihak maskapai tdk meminta membawa buku tersebut. Terima kasih


Ko ribet ya πŸ˜‚
Ngurus ini itunya ga sepadan sma harga hewan yang bakal dikirim wkwk


Duhh ragu mau bwa brung jd nya soaalny lokasi tmpat tnggal ku jauh dari airport misalkan gagal untuk di bawa di kemanakan burung nya. Hmm sobat udah ada kah yang bawa hewan/sejenis burung lewat bandara adi sucipto kepo poroses nya nihh


tapi bukannya di prosedur nya tidak mengharuskan bawa buku vaksin? duh gimana sih nih.. saya mau bawa kucing soalnya.. ribet amet..


saya mau tanya, kalau kita beli hewan dari luar lalu di bawa ke indonesia persaratan yang harus di lewatin apa aja ya?
seperti contohnya saya mau beli husky dari thailand tetapi langsung gth persaratan apa aja ya yang harus di urus-urus


Jadi buat surat nya di balai konserfasi ya


Sya juga punya pengalaman sangat2 mengecewakan sekali...
Sya sudah urus semua surat2 yg dibutuhkan seperti surat vaksin dan surat kesehatan.
Setelah 2 hari sebelum berangkat ..
Saya datang ke bandara Soekarno Hatta di kantor karantina nya utk minta surat izin terbang nya..
Alangkah kecewanya saya..
Sya disuruh utk suntik lagi kucing sya (suntik titer body/rabies) dan harus menunggu 2 minggu lagi lamanya..
Sedangkan syaa harus berangkat 2 hari lagi..
Disitu sya benar2 kecewa, bingung dan ga tau harus buat apa lagi..
Sya sudah bnyak keluar uang ,keluar tenaga , keluar waktu utk urus dokumen2 kucing sya..
Tapi apa??
Pihak karantina dengan mudah nya menolak memberikan surat izin terbang kucing sya..
Apakah masih kurang sehat apalagi kucing saya ..??? Prosedur yg sangat2 merugikan sekali..
Bagaimana nasib kucing saya..
Apakah kalian tega (pecinta kucing) utk menjual kucing kesayangan anda bgtu saja????
Tolong lah utk prosedur pengiriman hewan keluar kota jangan disusah2 kan seperti itu ..
Tq.


Kalo dari drh langganan saya sih memang menyarankan untuk vaksin rabies apabila ingin keluar pulau, bulan depan saya juga ingin membawa serta anabul bertemu keluarga di pulau sumatera. Saya minta doanya agar lancar untuk pengurusannya nantiπŸ™‡πŸ™‡


amin saya juga mau bawa bulan depan doakan lancar yaπŸ™πŸ»


apakah dari pihak bandara meminta surat pengeluaran / rekom dari kantor pertanian?


Klw ngurus surat surat untuk sugar glieder biasanya kena berapa ya soal nya saya mau bawa ke sumatra dari jawa
Mohon info nya


Bagaimana mas yg mau bawa anabul ke sumatra lancarkah? Saya bingung pas di dlm pet carier ny harus disediakan makan dan minum gak ya? Karna saya bingung wadah ny yg gk mudah tumpah seperti apa. Kasian jg kucing saya kalau gk minum 1.5 jam dalam prjalanan bnjarmasin ke jakarta.


Emng agak ribet sih ngurus dokumen untuk terbang ya tapi, kuasa tuhan kmrn semua lancar dan kita pulang ke indonesia pun tdk di persulit


Info cara bawa burung by juanda ke jakarta....cari yg gak ribet klo ada


Ada yg punya pengalaman ngurus SKKH di Jakarta itu dimana ya? dan biayanya berapa? krn saya ke Ragunan ke dinas pertanian dan peternakan disana, ketemu dokwan nya terus dia kasih tarif 250.000 per hewan berlaku kelipatan.. apakah itu tidak terlalu mahal. dan apakah harga tsb resmi? mohon pencerahaanya...


Apakah SKKH dari klinik hewan berlaku? Dengan kata lain klo udah ada SKKH dr klinik hewan tdk perlu lagi urus SKKH di dinas pertanian? Mohon informasinya, Terimakasih


Halo,mohon infonya dong barang kali ad yg mengerti cara untuk mengurus surat keterangan kesehatan hewan di dinas pertanian dan peternakan didaerah dimana KTP sy bukan domisili daerah tsb bagaimana ya? Mohon infonya saudara2.


Kak klo ngurus d karantina pakai uang jaminan tdk? Kemarin saya beli kucing, utk penerbitan skkh petugas karantina minta uang jaminan terus yg nilainya cukup besar sampai jutaan rupiah. Tp katanya uangnya nanti d kembalikan. Benar seperti itu tdk ya prosedurnya? Mohon balasannya yang tau. terimakasih


Sepengalaman saya, untuk mengurus SKKH, diperlukan
- Surat keterangan sehat dari dokter praktek
- Buku Vaksin (Hewan telah di vaksin lengkap termasuk vaksin rabies)
- Surat rekomendasi pemasukan hewan dari dinas peternakan daerah yang dituju
- FC KTP (meskipun bukan domisili daerah tersebut)
- Bukti Tiket perjalanan (jika menggunakan pesawat atau kapal)

Vaksin sebaiknya dilakukan 3 minggu sebelum keberangkatan dan hewan yang dibawa harus berumur lebih dari 6/8 bulan(saya lupa)


mau tanya, tolong dibantu jwb bagi yg tau,

kalau misal mau bawa hewan peliharaan mudik ke kampung, terus mau dibawa balik lagi apakah mesti diurus semuanya 2 kali, dari jakarta ke lombok misal, apakah semua prosedur untuk bawa pakai pesawat harus dilakukan di jakarta dan di lombok juga?

krn waktu untuk mudik kan terhitung singkat, paling lama 10 hari, dan kalau harus urus surat2 di kampung juga akan makan waktu, bisa2 mudik cuma urusin surat, tapi kalau harus ninggalin hewan peliharaan di rumah 10 hari sendirian, ga tega juga :(
pls comment bagi yang tau, terimakasih..


Kode..πŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒ


Sepengalaman saya, untuk mengurus SKKH, diperlukan
-1. Surat keterangan sehat dari dokter praktek
-2. Buku Vaksin (Hewan telah di vaksin lengkap termasuk vaksin rabies)
-3. Surat rekomendasi pemasukan hewan dari dinas peternakan daerah yang dituju
-4. FC KTP (meskipun bukan domisili daerah tersebut)
-5. Bukti Tiket perjalanan (jika menggunakan pesawat atau kapal)

biaya 1-5 brp tuh ,sampai di berangkatkan....?


Mba ijin bertanya mba mendapatkan surat karantina hewan peliharaan gmna ea crany mohon bantuannya,.


Mohon ijin Min..Maaf sdikit mau tanya untuk biaya proses Surat² ijin pengiriman binatang Dari Surabaya ke Pangkal Pinang.kira² Habis biaya sampei brp, Mohon bantuan dan informasi Nya.. Thanks πŸ€”πŸ™


Love you


ass.mau tanya, masa aktif karantina berapa har dri di terbitkan. karena kan belitiket gakmungkin langsung dapet hari itu... bikin karantina juga hrus butuh waktu,,kira2 berapa hari?

Posting Komentar

Copyright © 2009 Blog Fachri Setia All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.