0

Tips Memilih Menu Makan Sahur yang Baik

Posted by Fachri Setia on 10.19
Lancarnya seseorang menjalankan ibadah puasa, bergantung pada beberapa faktor. Salah satunya adalah dari makanan yang dikonsumsi saat sahur. Sahur adalah saat yang tepat untuk memasukkan karbohidrat, vitamin, maupun kalsium ke dalam tubuh kita sebagai bekal menghadapi ibadah puasa di pagi hingga sore harinya. Jadi, kualitas makanan sahur yang baik akan menentukan kualitas ibadah puasa Anda. Jika asal makan sahur saja, maka bisa dipastikan ibadah puasa Anda akan penuh dengan berbagai macam keluhan. Karenanya, penting kiranya untuk memperhatikan menu makan sahur Anda. Ada beberapa tips untuk memilih menu makan sahur yang baik. Penasaran? Cekibrot...

1. Pilih makanan yang cukup kandungan karbohidratnya


Pilihlah makanan untuk sahur yang cukup mengandung karbohidrat. Fungsi karbohidrat yang paling utama adalah sebagai pemasok energi. Cukupilah kandungan karbohidrat Anda, agar Anda kuat berpuasa hingga tenggelamnya matahari.

2. Hindari makanan yang berlemak


Kurangilah makanan-makanan berlemak ketika sahur, seperti gorengan atau kuah santan, karena makanan yang berlemak akan sulit untuk dicerna tubuh. Tubuh Anda akan banyak mengeluarkan cairan. Hasilnya, Anda akan lebih cepat mengalami dehidrasi. Jadi haus terus deh waktu puasa.

3. Perbanyak konsumsi air putih


Jangan biarkan Anda dehidrasi selama puasa. Minumlah air putih sebanyak dan sesering mungkin di waktu sahur, berbuka dan jeda waktu antara buka dan sahur. Ingat, air juga merupakan sumber energi.

4. Hindari mengonsumsi makanan manis


"Tidak selamanya yang manis membuat hidup anda menjadi manis". Saya sangat setuju dengan slogan itu. Makanan manis cocok untuk menu berbuka puasa. Bahkan menjadi tagline di salah satu produk. Namun, kebanyakan makan manis, ketika dimakan saat sahur justru akan membuat tubuh lebih cepat merasa lapar ketika siang hari. Makanan manis memang berguna untuk memberikan energi, namun tidak untuk jangka waktu yang lama.

5. Usahakan mengonsumsi makanan yang baru dimasak


Apabila terpaksa masih ada makanan untuk buka puasa yang tersisa, jangan jadikan sisa makanan tersebut sebagai menu sahur. Karena makanan yang tidak baru lagi atau sisa akan mengurangi kandungan gizi dalam makanan tersebut.

6. Minum Susu


Minumlah susu sebagai pelengkap ketika sahur. Apalagi jika menu sahur Anda berat. Susu sapi mengandung magnesium yang bisa membuat jantung dan sistem syaraf tahan terhadap kelelahan. Jadi, bisa terus semangat beraktifitas walaupun sedang puasa.

7. Perbanyak konsumsi buah-buahan


Berbagai sumber vitamin bisa didapatkan dari berbagai buah. Untuk sahur, apel dan anggur cukup ringan untuk dikonsumsi. Namun ingat, jangan makan buah secara berlebihan. Kelebihan vitamin bisa membuat tubuh menjadi tidak seimbang.

Nah.. Itu dia tips memilih menu makan sahur yang baik agar kualitas puasa Anda tetap terjaga... Semoga puasa Anda lancar dan tidak buka puasa bersama sebelum waktunya ya..

Sumber

0 Comments

Posting Komentar

Copyright © 2009 Blog Fachri Setia All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.